Daftar Isi
Daftar Isi

Apa Perbedaan Belajar Online dan Offline?

 
Apa saja kelebihan kursus digital marketing online?

Kelebihan Kelas Online Secara Umum Baik yang Gratis Maupun Berbayar (sebagaimana yang dibagikan cgc.ac.in dan Ekrut)

1. Waktu kursus yang fleksibel

Jika Anda pergi ke akademi atau sekolah fisik, berarti Anda harus meluangkan waktu, menyisihkan dana, dan sumber daya. Padahal Anda sudah punya jadwal reguler sehari-hari. Tidak hanya itu, Anda juga harus mempertimbangkan mengenai biaya transportasi dan waktu tempuh.

Dengan kursus online, Anda dapat mengeliminasi kemungkinan-kemungkinan di atas, terutama soal waktu. Waktu yang fleksibel dan dapat Anda atur sendiri adalah hal yang paling menarik dari kursus online. Tidak hanya itu, Anda pun dapat mengakses kelas dari mana saja. Sehingga kini, Anda bisa menonton video dan menelusuri materi modul saat menunggu bus atau saat pulang ke rumah dari kantor.

2. Terus mengikuti perubahan tren terkini

Menjadi seorang digital marketer berarti Anda harus selalu mengikuti dan update soal isu terbaru. Di masa digital seperti sekarang, cara pemasaran tradisional pun sudah berubah menjadi digital dan terus menerus diperbaharui. Sehingga mengetahui cara kerja iklan di media sosial adalah bagian penting dari seseorang yang bekerja di bidang digital marketing.

Untuk dapat mengikuti isu dan perubahan yang terjadi ini, maka mengikuti kursus digital marketing adalah langkah tepat untuk belajar lebih dalam mengenai digital marketing.

3. Pilihan kursus yang beragam

Pada perguruan tinggi, sekolah atau akademi fisik lainnya, ada keterbatasan untuk Anda dalam memilih kelas yang ingin Anda ikuti. Namun berbeda dengan kursus online, yang menawarkan berbagai pilihan kelas yang bisa Anda pilih secara bebas. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih tingkatan yang Anda inginkan tanpa harus memulai dari awal. Sekarang, Anda bisa belajar digital marketing walaupun Anda bukan seorang lulusan fakultas ekonomi atau kedokteran Universitas Indonesia misalnya.

4. Biaya yang murah bahkan gratis

Ini juga adalah hal penting yang membuat kursus online mempunyai daya tarik lebih, yaitu harga yang murah bahkan gratis. Anda dapat mempelajari hal yang sama seperti dalam sekolah fisik, namun dengan biaya yang jauh lebih murah. Bahkan banyak juga platform online yang membuka kelas secara gratis.

Ada juga pilihan dengan biaya tahunan yang memungkinkan Anda untuk mengakses semua kursus yang tersedia. Ingat, waktu belajar Anda kini menjadi lebih efisien karena Anda menghemat waktu perjalanan dan biaya-biaya tambahan lainnya.

5. Belajar sesuai kecepatan Anda pribadi

Terkadang, ada beberapa orang yang merasa kesulitan dalam memahami sebuah materi, sementara kecepatan kelas harus terus berjalan dengan normal. Hal ini minim terjadi ketika Anda mengikuti kursus digital marketing secara online ini. Anda bisa belajar secara mandiri dan fokus memahami materi-materi modul tanpa harus memikirkan bahwa Anda menghambat orang lain.

Banyak juga kursus digital marketing yang tersedia selama satu tahun penuh, sehingga Anda dapat mengakses modul kapan pun sebanyak apa pun yang Anda mau, hingga Anda benar-benar paham dan familiar dengan materi tersebut.

6. Tidak diperlukan persyaratan yang sulit

Sangat banyak sekali kursus digital marketing yang tidak membutuhkan persyaratan apa pun. Jika pun ada, biasanya hanya soal koneksi internet. Anda tidak perlu memiliki latar belakang sekolah atau pendidikan di bidang teknik untuk ikut kursus digital marketing secara online.

Kemungkinan ini lah yang membuat banyak orang ingin mengambil kursus online. Kini Anda dapat belajar topik apa pun tanpa terbatas dengan kemampuan yang sudah Anda miliki. Justru kursus digital marketing tersebut yang akan membantu Anda menambah kemampuan dan keterampilan Anda.

7. Mendapat sertifikat dan menjadi lebih menonjol dibanding orang lain

Setiap kursus digital marketing yang tersedia biasanya memberikan sertifikat setelah Anda berhasil menyelesaikan semua materi dan modul yang diberikan serta lulus ujian yang tersedia. Memiliki sertifikat dari kursus digital marketing, terutama dari penyelenggara yang terpercaya seperti rekomendasi di bawah ini akan menjadi nilai tambah bagi diri Anda .

Anda akan terlihat lebih menonjol dibanding orang lain, tidak hanya secara berkas tapi yang terpenting adalah secara keterampilan dan pengetahuan.

Walaupun ada banyak kelebihan kelas online, ada juga beberapa kekurangannya, sehingga Anda harus waspada dan mempertimbangkan hal-hal berikut ini jika Anda tidak merasa cocok dengan pembelajaran secara online baik yang gratis maupun yang berbayar.

 

Inilah beberapa kekurangan kursus digital marketing online.

Beberapa Kekurangan Pembelajaran Digital Marketing dengan Kelas Online 

1. Harus selalu online (harus ada koneksi internet)

Karena sifatnya online, maka kelas online harus diikuti secara online. Tidak seperti kelas tatap muka atau membaca buku yang tidak perlu koneksi internet.

2. Akses internet terbatas atau ada kendala di jaringan maupun perangkat laptop, PC, tablet, atau smartphone.

Walaupun kelas online memiliki banyak kelebihan, namun kelas online akan selalu tergantung kepada akses dan kecepatan internet yang memadai. Karena jika ada sedikit saja gangguan internet, walau Anda di rumah atau sedang dalam perjalanan, baik dari sisi Internet Service Provider maupun dari perangkat Anda sendiri seperti laptop atau PC, tablet, dan smartphone, koneksi hilang, baterai lemah, dan lain-lain, maka sesi pembelajaran online Anda tidak dapat berjalan.

3. Tidak bisa fokus belajar karena kondisi dan situasi lingkungan sekitar dan gangguan lainnya

Karena Anda tidak belajar di sebuah ruang pelatihan yang khusus tempat dan waktunya, maka Anda bisa dengan mudah terganggu dengan keadaan dan kondisi sekitar Anda. Misalnya ada yang menegur Anda, ada yang menelepon, ada notifikasi-notifikasi dan pop-up yang muncul di laptop atau smartphone, ada tamu atau listrik padam jika Anda belajar di rumah, tagihan paket data atau langganan internet belum dibayar, tiba sampai di tujuan jika Anda sedang dalam perjalanan, tiba-tiba mulas atau pusing karena belum ada persiapan khusus belajar seperti jika akan belajar secara tatap muka di ruang training, dan gangguan lainnya yang tidak terantisipasi sebelumnya.

Termasuk juga banyaknya pilihan kelas dan materi online yang bisa dengan mudah diakses kapan saja, maka bisa berpotensi membingungkan dan berpindah-pindah antar kelas walaupun belum selesai. Banyak yang bercerita memiliki banyak kelas yang sudah diambil namun tidak ada satupun yang sudah diselesaikan dengan tuntas.

4. Tidak bisa disiplin penuh dan mengangap mudah belajar online

Karena tersedia materi yang sangat banyak pilihan dan bisa dipelajari setiap saat kapanpun dan di manapun, maka Anda bisa mulai menyepelekan pembelajaran online. Ah, bisa nanti saja, ah, aku mau langsung belajar materi akhir, ah aku skip aja yang ini kelihatannya mudah. Akhirnya Anda merasa sudah menyelesaikan semua materi dengan pemahaman yang lengkap padahal belum semua materi Anda selesaikan dengan sebaik-baiknya.

5. Membutuhkan peran serta orang tua

Jika peserta sudah dewasa dan bisa fokus untuk belajar secara online, maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun, jika peserta pelatihan masih remaja bahkan kanak-kanak, maka dengan keleluasaan akses internet bisa membuat mereka tidak fokus belajar malahan mengakses situs lainnya yang tidak relevan atau berbahaya untuk para remaja dan anak-anak tersebut. Akhirnya, pembelajaran menjadi tidak efektif. 

6. Kurangnya interaksi guru, orang tua, dan sosial

Jika remaja dan anak-anak terlalu banyak belajar secara online, maka mereka akan mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal ini akan menghambat perkembangan remaja dan anak dan bisa membuat mereka memiliki sifat anti sosial.

7. Potensi kurangnya pemahaman terhadap materi

Pembelajaran daring bisa membuat peserta kurang mengerti terhadap suatu materi karena tidak selalu bisa bertanya langsung ketika tidak paham terhadap suatu topik. Biasanya peserta mencatat terlebih dahulu apa-apa yang kurang dipahami lalu kemudian jika ada sesi atau laman untuk pertanyaan, maka peserta baru bisa menanyakannya. Sedangkan jika di kelas tatap muka, peserta dapat langsung bertanya saat itu juga karena sifat belajarnya interaktif, tidak satu arah. 

8. Mengurangi kesehatan tubuh dan mata

Jika terlalu lama dan terbiasa belajar secara online dan tidak melakukan olahraga, makan dan minum sehat yang teratur, maka tubuh dan mata akan mengalami gangguan kesehatan. Karena jika dibandingkan dengan belajar tatap muka, maka belajar dari rumah atau saat di perjalanan akan memerlukan lebih sedikit gerakan dan kurang persiapan dari segi makan dan minum, karena sifat belajar online yang sangat fleksibel tempat dan waktunya, bisa bebas dilakukan dalam waktu yang panjang, dibandingkan dengan kelas tatap muka yang sudah memiliki tempat dan durasi khusus.

Nah, setelah Anda paham tentang pembelajaran online, kelebihan dan kekurangannya yang menjadi perbedaan dengan belajar offline, berikut ini beberapa rekomendasi kelas online yang relevan untuk Anda coba.

 

Kelebihan Belajar Digital Marketing Tatap Muka (Live Instructor)

Sesuai dengan yang sudah kita ketahui bersama di atas mengenai kelas online, kelebihan kursus tatap muka umumnya adalah sebagai berikut:

1. Fokus yang tinggi menghasilkan output yang tinggi

Karena tempat dan waktu yang memang sudah disiapkan dan dikhususkan untuk belajar, juga Anda pasti sudah lebih mempersiapkan untuk mengikuti kelas tatap muka, maka pembelajaran menjadi lebih efektif dan mudah memahami semua materi yang diajarkan jika dibandingkan dengan kelas online.

2. Materi langsung dipraktekkan di ruang belajar

Hampir semua kelas tatap muka saat ini mengusung metode 50% materi dan 50% praktek, bahkan ada banyak program kelas tatap muka yang lebih mengedepankan praktek langsung ketika membahas sebuah materi. Hal ini membuat para peserta juga mudah dan cepat paham karena melakukan learning by doing untuk hasil belajar yang lebih solid dan bisa langsung diterapkan langsung selesai pelatihan tatap muka.

3. Fasilitas pembelajaran lengkap disertai dengan benefit purna pelatihan

Penyelenggara pelatihan tatap muka biasanya sudah menyediakan semua hal yang dibutuhkan agar pelatihan sukses. Misalnya ruang yang nyaman dan ber-AC, jauh dari gangguan lingkungan seperti kebisingan dan interupsi sekitar, tersedia snack dan coffee break, koneksi internet yang cepat, modul yang lengkap, sesi pembelajaran yang direkam untuk peserta, LCD proyektor, berkas-berkas proyek latihan untuk peserta, dan dukungan purna pelatihan premium sesuai biaya yang telah dibayarkan oleh peserta kursus. 

4. Menjalin silaturahmi dan mengembangan jaringan profesional dan bisnis

Saat Anda mengikuti pelatihan, seminar, maupun kelas tatap muka, maka Anda memiliki kesempatan untuk saling berkenalan secara langsung baik dengan peserta lain juga dengan trainer atau tutor. Hal ini akan memberikan potensi bagi Anda untuk mengembangkan jaringan sosial, profesional, dan bisnis untuk mendukung Anda dan usaha Anda.

5. Meningkatkan interaksi sosial dan menambah wawasan

Dengan keluar dari rumah menuju tempat pelatihan tatap muka diselenggarakan, maka Anda bisa menambah wawasan dengan mendatangi tempat-tempat baru yang sebelumnya belum pernah Anda kunjungi. Hal ini akan membuat Anda lebih sehat, ceria, dan bahagia dengan pengalaman yang baru ini.

6. Tidak mudah lupa materi pelatihan

Biasanya Anda akan lebih mudah paham dan tidak mudah lupa materi kursus jika Anda mengikuti pelatihannya secara tatap muka. Hal ini karena Anda berada pada tingkat dan suasana hati dan diri yang sudah siap sebelumnya ketika menjelang hari pelatihan. Jadi ketika momen pelatihan datang, maka Anda siap menghadapinya lahir dan bathin, sehingga Anda mendapat hasil yang maksimal dari pelatihan tersebut.

7. Dapat mengajarkan kembali kepada orang lain

Pada saat mengikuti pelatihan tatap muka, Anda melihat langsung cara mengajar trainer atau tutor Anda, sehingga selain Anda paham apa yang sedang diajarkannya, Anda juga bisa meniru mengajarkannya kepada orang lain. Jadi selain Anda mendapat ilmu dari belajar, Anda juga bisa mendapat kebaik dari hasil mengajarkannya kepada mereka yang membutuhkan seperti karyawan dan rekan-rekan Anda.
 

Kekurangan Belajar Digital Marketing Tatap Muka (Live Instructor)

1. Butuh tempat dan fasilitas yang nyaman dan aman dari gangguan sekitar.

2. Tempat dan seat peserta yang terbatas.

3. Live trainer dan tutor yang terbatas.

4. Biaya kursus yang umumnya lebih mahal dibandingkan kelas online berbayar.

5. Pilihan jadwal dan waktu pelatihan yang terbatas.

6. Pilihan materi kursus yang tidak sebanyak kelas online.

7. Butuh persiapan akomodasi dan fisik yang bugar untuk mengikuti kelas tatap muka.

Kesimpulan Kelas Online dan Offline

Setelah Anda memahami kebutuhan, tujuan, situasi dan kondisi Anda, maka Anda bisa memutuskan apakah memulai belajar secara online yang gratis, mengambil kelas online yang berbayar, atau mendaftar kelas tatap muka.   
 
Selamat belajar Sobat Raya School!
12 Juli 2022

0 responses on "Apa Perbedaan Belajar Online dan Offline?"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cek Kanal Raya School Ini


We make great courses

Alamat Raya School

Jl. Condet Raya No.15 C, RT.13/RW.3, Jakarta 13530. (Google Map)
Jl. Dharmawangsa I No. 11, Puri Juanda Regency, Duren Jaya, Bekasi, 17111. (Google Map)

Kontak Kami

Telp.: 021-2280-4445
HP/WA 1: 0812-9982-5020 (Karin)
HP/WA 2: 0813-8535-6234 (Dian)
HP/WA 3: 0857-1025-08642 (Wati)
HP/WA 4: 0812-9689-5252 (Ayu)
HP/WA 5: 0857-7007-6802 (Putri)
HP/WA 6: 0813-7308-5915 (Bianca)

Kami Telah Bersertifikat Internasional Berikut Ini

google

facebook meta
youtube

adobe

clickminded

microsoft
cisco
pmi

Tentang Raya School

Raya School adalah tempat belajar dan kursus pemasaran, bisnis, manajemen, IT, dan yang terkait. Berlokasi di Jakarta Timur dan Bekasi Timur, Raya School telah berpengalaman memberikan pelatihan kepada pembelajar dan praktisi pemasaran dari mulai individu, UKM/UMKM, dan korporat.

Benefit Kursus

Form Pesan Kursus
 
top

Copyright © Raya School. All rights reserved.